Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU BELTIM AWALI MASA TENANG DENGAN PENERTIBAN APK

Danny Sugara berikan arahan

Ketua Bawaslu Beltim memberikan arahan pada Apel Siaga Penertiban APK

Belitung Timur, 11 Februari 2024 - Dengan berakhirnya Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024 pada 10 Februari 2024 pada Pukul 24.00WIB, dengan ini masa tenang Pemilu 2024 dimulai. Hari pertama masa tenang pemilihan umum (Pemilu) di Kabupaten Belitung Timur ditandai dengan tindakan tegas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur. Bawaslu Beltim gencar melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang masih terpasang di beberapa lokasi di 7 kecamatan.

Menurut data yang diperoleh dari tiap Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Belitung Timur, ada lebih dari 12 ribu APK terpasang di wilayah Kabupaten Belitung Timur dengan rincian Kecamatan Manggar dengan APK terbanyak, dan Simpang Renggiang dengan APK paling sedikit diantara 7 Kecamatan lainnya.

Tim penertiban APK yang tergabung dalam Kelompok Kerja (Pokja) Penertiban APK  yang terdiri dari Bawaslu Beltim, KPU Beltim, Dinas Perhubungan Kabupaten Belitung Timur, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Belitung Timur dan aparat keamanan dari Kepolisisan Resort Belitung Timur dilibatkan dalam operasi ini untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan masa tenang Pemilu. Penertiban dilakukan agar semua peserta Pemilu mematuhi aturan yang telah ditetapkan untuk menjaga keadilan dan keberlangsungan Pemilu yang bersih dan demokratis.
 

Sebelum masa tenang dimulai, Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur Danny Sugara telah menghimbau kepada Partai Politik Peserta Pemilu di Kabupaten Belitung Timur untuk menertibkan APK secara mandiri. Dalam operasi penertiban ini, APK Pemilu yang masih terpasang di tempat-tempat umum, seperti trotoar, taman, dan fasilitas umum lainnya, segera dicopot dan disita. Bawaslu juga memberikan imbauan kepada para peserta Pemilu untuk mematuhi aturan yang berlaku demi terciptanya suasana yang kondusif menjelang hari pemungutan suara.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Danny Sugara, mengatakan bahwa penertiban ini dilakukan dengan harapan agar masyarakat dapat memasuki masa tenang Pemilu dalam suasana yang tenang dan terkendali. "Kami berharap agar seluruh peserta Pemilu dan masyarakat secara umum dapat mendukung dan mematuhi aturan yang telah ditetapkan demi terciptanya Pemilu yang jujur, adil, dan bermartabat," ujar Danny.

Operasi penertiban ini melibatkan tim Bawaslu yang tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Belitung Timur dari Panwaslu Kecamatan hingga Pengawas Desa, yaitu Kecamatan Manggar, Kecamatan Seimpang Renggiang dengan Koordinaor Wilayah Danny Sugara, Kecamatan Gantung, Kecamatan Simpang Pesak dan Kecamatan Dendang dengan Koordinator Wilayah Ihsan Jaya, serta Kecamatan Kelapa Kampit, dan Kecamatan Damar dengan Koordinator Wilayah Chandra Ardilla Putra.

Anggota Bawaslu Memberikan arahan pada Apel Penertiban APK

Sebelum memulai Penertiban, Pokja Penertiban APK melakukan Apel terlebih dahulu pada Sabtu 10 Februari 2024 Pukul 21.00 di Halaman Kantor Bawaslu Belitung Timur. Apel dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Beltim Danny Sugara, dihadiri Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Belitung Timur, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, serta Anggota Pokja Penertiban APK lainnya. Tim ini bergerak pada Minggu 11 Februari 2024 Pukul 00.01 secara serentak untuk memastikan penertiban dilakukan secara merata di seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur.

Proses Penertiban APK oleh Pokja Penertiban APK

Selain itu, Bawaslu juga memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah aktif melaporkan APK Pemilu yang masih terpasang setelah dimulainya masa tenang. Langkah ini diharapkan dapat memberikan efek jera kepada peserta Pemilu yang masih mengabaikan aturan masa tenang.

Dengan penertiban ini, Bawaslu Kabupaten Belitung Timur berharap dapat menciptakan suasana yang damai dan kondusif menjelang hari pemungutan suara, sehingga masyarakat dapat mengikuti Pemilu dengan nyaman dan aman.

Penulis : Nano Nulyawan
Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I