Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Beltim Hadiri dan Awasi Pelepasan Pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024

Pelepasan Logistik

Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur memecahkan kendi sebagai simbolis pelepasan pendistribusian logistik

Selasa, 13 Februari 2024

Desa Padang, Manggar - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur turut serta dalam pemantauan dan pengawasan pelepasan pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Acara ini dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, dan unsur Forkopimda Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan guna memastikan kelancaran dan transparansi dalam tahapan pemilu.

Pelepasan logistik Pemilu yang berlangsung di Gudang Logistik Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung Timur pada hari Selasa (13/02/2024), menjadi saksi kehadiran Bawaslu sebagai lembaga independen yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Belitung Timur, Bapak Drs. Burhanudin, dan Wakil Bupati, Bapak Khairil Anwar, serta unsur Forkopimda, yang terdiri dari Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur, TNI, Polres Belitung Timur, dan instansi terkait lainnya. Para pejabat tersebut menunjukkan dukungan penuh terhadap upaya menjaga integritas dan kredibilitas Pemilu di Kabupaten Belitung Timur.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Danny Sugara, menyampaikan pentingnya peran Bawaslu dalam memastikan pemilu berjalan sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku. "Kami hadir di sini untuk memastikan bahwa semua tahapan pemilu berjalan dengan transparan, adil, dan bebas dari potensi kecurangan," ujarnya.

Pendistribusian logistik Pemilu merupakan tahap krusial yang menentukan suksesnya penyelenggaraan pemilihan. Bawaslu memiliki peran strategis dalam memastikan logistik tersebut sampai ke tujuan dengan aman dan tepat waktu, serta memastikan tidak ada kecurangan dalam proses distribusi tersebut. Meski sempat diguyur hujan lebat, namun proses pendistribusian Logistik Pemilu 2024 berlangsung lancar, dengan rincian 1.815 Kotak Suara yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur. Pengangkutan/pendistribusian Logistik Pemilu 2024 diakomodir oleh JNE yang telah berkerjasama dengan KPU dengan menggunakan 19 Mobil Truk.

Bupati Belitung Timur yang biasa disapa Aan mengapresiasi kehadiran Bawaslu dan menyatakan komitmen penuh pemerintah daerah dalam mendukung kelancaran pemilu. "Partisipasi Bawaslu dalam setiap tahap pemilu sangat kita butuhkan untuk memastikan proses pemilihan berjalan dengan baik," kata Aan.

Acara pelepasan logistik Pemilu diakhiri dengan Pemecahan Kendi dan Pengibaran Bendera Start oleh Kepala Kejaksaan Negeri Belitung Timur, Ibu Dr. Rina Susanti sebagai simbolis pelepasan Truk Logistik Pemilu 2024 menuju wilayah sebaran Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bawaslu Beltim menghimbau seluruh petugas yang terlibat dalam logistik pemilu untuk menjaga integritas dan transparansi Pemilu Tahun 2024. Semua pihak berharap agar pemilu di Kabupaten Belitung Timur dapat berjalan dengan sukses dan memberikan hasil yang akurat dan sah.

Penulis dan Foto : Nano Nulyawan

Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I