Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Beltim Lakukan Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024

Rapat Evaluasi

Pembukaan Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024

Belitung Timur, 22-23 April 2024 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur telah melakukan evaluasi terhadap pengawasan tahapan Pemilu tahun 2024. Evaluasi ini dilakukan dalam sebuah rapat yang Pesertanya terdiri dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Belitung Timur dan Unsur Media.

Rapat Evaluasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2024 dibuka oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Bapak Ihsan Jaya, S.Sos.I. Dalam sambutannya, Ihsan menekankan pentingnya evaluasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengawasan dalam setiap tahapan Pemilu. "Evaluasi ini menjadi momen penting bagi kita semua untuk merefleksikan kinerja pengawasan yang telah dilakukan serta mencari solusi untuk perbaikan di masa yang akan datang,"  Ujar Ihsan.

Rapat evaluasi tersebut diadakan di Guest Hotel Manggar pada hari Senin hingga selasa 22-23/04. Dalam rapat tersebut, hadir sejumlah anggota Panwaslu Kecamatan dari wilayah Kabupaten Belitung Timur. Narasumber dalam rapat tersebut adalah anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur periode 2023-2028, Ibu Leny Septiani, SH., M.H, serta mantan anggota KPU periode 2018-2023, Ibu Widiarsih.
 

Rapat Evaluasi

Menurut Leny, evaluasi tersebut bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengawasan tahapan Pemilu yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan dalam melaksanakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Belitung Timur. Pada kesempatan tersebut, Leny juga menjelaskan berkenaan proses PHPU dan kesiapan menghadapi PHPU yang tengah berlangsung.

Selain itu, Ibu Widiarsih menambahkan bahwa evaluasi ini juga penting untuk memastikan bahwa proses Pemilu berjalan sesuai dengan aturan dan tidak ada pelanggaran yang merugikan proses demokrasi. "Peran Panwaslu Kecamatan sangat krusial dalam menjaga integritas dan transparansi Pemilu," tambahnya.

Rapat evaluasi tersebut diharapkan dapat memberikan masukan konstruktif bagi Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugasnya hingga tahap akhir Pemilu. Bawaslu Kabupaten Belitung Timur juga berkomitmen untuk terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan seluruh pihak terkait guna memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

Di akhir rapat, disepakati beberapa rekomendasi dan langkah-langkah untuk optimalisasi pengawasan Pemilu yang akan dilaksanakan oleh Penyelenggara Pemilu dimasa mendatang guna memastikan pelaksanaan Pemilu yang transparan, bebas dari kecurangan, dan berintegritas di Kabupaten Belitung Timur.

Penulis dan Foto : Nano Nulyawan

Editor : Dadang Surya Atmaja, Ihsan Jaya, S.Sos.I