Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Beltim Serahkan Data Hasil Pengawasan Pemilu 2024 ke Bawaslu RI

penyerahan data hasil pengawasan pemilu 2024 bawaslu beltim

Ihsan Jaya serahkan data hasil pengawasan Pemilu 2024

Jakarta Pusat, 11 Maret 2024 - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur telah menyerahkan secara resmi data hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu Tahun 2024 kepada Bawaslu Republik Indonesia (RI). Penyerahan data ini dilakukan Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur Ihsan Jaya didampingi Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahirin dan Jafri, di Kantor Bawaslu RI yang berlokasi di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur menyampaikan hasil pengawasan yang telah dilakukan secara berjenjang dimulai dari Tingkat Pengawas TPS, Panwaslu Kecamatan hingga Pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Belitung Timur pada Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara yang diterima oleh Biro Fasilitasi Pengawasan Pemilu Bawaslu RI.

Penyerahan data tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban pengawasan yang telah dilakukan Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dan Jajaran. Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur,Ihsan Jaya, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyelesaikan tugas pengawasan dengan cermat dan profesional. "Kami telah mengumpulkan data hasil pengawasan pemungutan dan penghitungan suara secara teliti untuk memastikan integritas dan transparansi Pemilu di Kabupaten Belitung Timur," ujar Ihsan.

Selain penyerahan data, pertemuan ini juga menjadi ajang diskusi antara Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dan Bawaslu RI untuk membahas temuan atau permasalahan yang muncul selama proses pemungutan dan penghitungan suara.

Pertukaran informasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan pemilu secara nasional dan membantu Bawaslu RI dalam mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki dan memperkuat sistem pemilu di masa yang akan datang.

Acara penyerahan data ini menandai langkah penting dalam menjaga integritas demokrasi di Indonesia, khususnya dalam konteks pelaksanaan Pemilu Tahun 2024. Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu terus berupaya untuk menciptakan pemilu yang adil, jujur, dan transparan guna memastikan suara rakyat tercermin dengan baik dalam hasilnya.

Penulis : Nano Nulyawan

Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I