Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur Awasi Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024

Pengawas punguthitung

Ketua lakukan waskat punguthitung surat suara

Belitung Timur, 14 Februari 2024

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur intensif mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum 2024 di seluruh wilayah Kabupaten Belitung Timur. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dan keberlangsungan proses demokrasi serta meminimalisir potensi pelanggaran yang dapat merugikan integritas pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Danny Sugara, menyatakan komitmennya untuk menjaga transparansi dan keadilan dalam setiap tahapan pemilu. "Kami terus bekerja keras untuk memastikan bahwa pemilu berlangsung sesuai dengan aturan yang berlaku. Pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan langkah krusial dalam menjaga keberhasilan demokrasi di Kabupaten Belitung Timur," ujar Ketua Danny.

 

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur telah menyiapkan tim pengawas yang tersebar di seluruh kecamatan dan desa dalam wilayah kabupaten. Tim ini memiliki tugas untuk memantau setiap kegiatan pemungutan suara, memverifikasi berbagai laporan dari masyarakat, dan mengambil tindakan tegas terhadap potensi pelanggaran. ANggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur yang membidangi Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Ihsan Jaya, S.Sos.I mengatakan bahwa Pemilu kali ini jauh lebih kondusif dikarenakan tingginya pastisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi dan terlibat langsung. Beberapa potensi pelanggaran telah dilakukan tindakan preventif sehingga bisa dianulir dan diberikan teguran. Upaya-upaya pencegahan dan pengawasan melekat telah dilakukan dengan intens guna menghindari ketidakstabilan suasana. Ihsan menambahkan, "kesempurnaan hanya Milik Allah SWT, tak ada yang begitu sempurna, terlebih proses pemilu 2024, namun kita berupaya meminimalisir segala bentuk pelanggaran dengan upaya pencegahan baik secara langsung maupun melalui media online dan offline", ujar Ihsan.

Selain itu, Bawaslu juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait, termasuk KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten Belitung Timur dan aparat keamanan, untuk memastikan koordinasi yang baik dalam menghadapi potensi masalah yang mungkin muncul. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta memastikan keberlangsungan pemilu yang bersih dan demokratis.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Chandra Ardilla Putra, S.I.Kom menyampaikan, Bawaslu mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Belitung Timur untuk aktif berpartisipasi dalam pengawasan pemilu dengan melaporkan setiap potensi pelanggaran yang mereka temui. "Partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam menjaga integritas pemilu. Kami membuka saluran pengaduan dan siap menerima setiap laporan yang masuk untuk segera ditindaklanjuti," tambah Chandra.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur gencar melakukan pengawasan terhadap tahapan pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di seluruh wilayah kabupaten. Meskipun proses berjalan dengan lancar di beberapa tempat, Bawaslu mendapati sejumlah kendala yang perlu segera diatasi.

Salah satu kendala yang dihadapi adalah kurangnya persediaan surat suara di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Bawaslu Kabupaten Belitung Timur memastikan bahwa mereka sudah mengambil tindakan cepat dengan mengkoordinasikan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk segera mengirimkan pasokan surat suara tambahan ke TPS yang mengalami kekurangan.

Sementara itu, tim pengawas Bawaslu turut mencatat adanya laporan terkait surat suara yang sudah sobek di sejumlah TPS. Ketidakberesan ini menciptakan ketidakpastian di antara pemilih, dan Bawaslu telah memberikan instruksi tegas kepada petugas pemungutan suara untuk memastikan bahwa surat suara yang rusak segera digantikan dengan yang baru agar tidak merugikan hak pilih pemilih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, mengungkapkan keprihatinannya terkait kendala-kendala tersebut. "Kami terus memantau dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini dengan segera. Keberhasilan Pemilu ini adalah tanggung jawab bersama, dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan adil dan transparan," ujar Danny.

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur juga mengajak masyarakat untuk tetap tenang dan percaya pada proses demokrasi yang sedang berlangsung. Mereka juga dapat melaporkan segala bentuk pelanggaran atau ketidakreguleran langsung ke Bawaslu setempat melalui mekanisme yang telah disediakan.

Pemilu 2024 di Kabupaten Belitung Timur diharapkan menjadi contoh pelaksanaan demokrasi yang baik dan bersih. Bawaslu berkomitmen untuk menjalankan tugasnya dengan profesional dan transparan demi kepentingan bersama. Seluruh pihak diharapkan dapat bekerja sama dalam menciptakan atmosfer pemilu yang damai dan demokratis di Kabupaten Belitung Timur.

Penulis : Nano Nulyawan
Foto : Ryan Apriandi, S.Sos

Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I