Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur Gelar Rakernis Pengelola Keuangan Panwaslu Kecamatan

Rakernis Pengelolaan Keuangan

Bawaslu Beltim gelar Rakernis Pengelolaan Keuangan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur menggelar kegiatan Rakernis Pengelola Keuangan dengan tema "Rekonsiliasi Pertanggungjawaban Keuangan TA 2023 Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Belitung Timur." Acara ini dihadiri oleh kepala sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang turut memberikan pandangan dan dukungan terhadap upaya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. 1-3 Maret 2024.

Rakernis ini bertujuan untuk membahas dan merumuskan strategi terbaik dalam rekonsiliasi pertanggungjawaban keuangan Tahun Anggaran 2023, khususnya yang terkait dengan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di seluruh Kabupaten Belitung Timur. Kegiatan ini menjadi wadah untuk saling berbagi pengalaman, pemahaman, dan praktik terbaik dalam mengelola dan mempertanggungjawabkan dana yang telah dipercayakan untuk mendukung penyelenggaraan pemilu.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Belitung TImur, Dony Setiawan, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan, terutama dalam konteks pengawasan pemilu. "Kami percaya bahwa pengelolaan keuangan yang baik akan mendukung integritas dan kredibilitas Bawaslu serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengawas pemilu," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, peserta Rakernis terlibat dalam diskusi mendalam mengenai regulasi keuangan, prosedur pertanggungjawaban, serta langkah-langkah untuk melakukan rekonsiliasi dengan akurat. Selain itu, juga dibahas upaya-upaya pencegahan dan penanganan potensi risiko keuangan yang mungkin timbul selama proses pengawasan pemilu.

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Roy Siagian, memberikan apresiasi atas inisiatif Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dalam meningkatkan kapasitas dan efektivitas pengelolaan keuangan. "Pengelolaan keuangan yang baik merupakan pondasi utama bagi Bawaslu untuk melaksanakan tugas dan fungsinya dengan optimal," katanya.

Rakernis ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan Panwaslu Kecamatan. Hasil dari kegiatan ini juga akan menjadi acuan bagi Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dalam memandu Panwaslu Kecamatan di tahun-tahun mendatang.

Dengan adanya dukungan dan sinergi antara Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dengan Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan pengelolaan keuangan Bawaslu dan Panwaslu di tingkat kecamatan dapat menjadi contoh terbaik dalam mendukung integritas dan kredibilitas penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Belitung Timur.

Penulis : Nano Nulyawan

Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I