Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Kabupaten Belitung Timur Hadiri Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten

rekapitulasi kabupaten

Komisioner Bawaslu Belitung Timur dan Komisioner KPU Belitung Timur pada Rekapitulasi TIngkat kabupaten

[Kabupaten Belitung Timur, 1-3 Maret 2024]

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur aktif mengawal proses demokrasi di tingkat kabupaten dengan menghadiri rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara. Acara ini merupakan langkah krusial dalam memastikan integritas dan validitas hasil pemilihan umum yang baru-baru ini digelar.

Dalam rapat rekapitulasi yang diadakan di Auditorium Zahari MZ, Bawaslu Kabupaten Belitung Timur turut serta mengamati dan memastikan proses berjalan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Kehadiran Bawaslu dalam rekapitulasi ini bertujuan untuk mengawasi jalannya proses, memastikan ketaatan terhadap aturan, dan memberikan keyakinan kepada masyarakat mengenai transparansi pemilihan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Danny Sugara, menyampaikan bahwa partisipasi aktif mereka dalam rekapitulasi bertujuan untuk menjaga keadilan dan keabsahan hasil pemilihan. "Kami hadir untuk memastikan bahwa proses ini berlangsung dengan adil dan transparan. Semua pihak harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan untuk menjaga integritas pemilihan," ujarnya.

Saat rekapitulasi berlangsung, Bawaslu Kabupaten Belitung Timur memeriksa setiap berkas hasil penghitungan suara dari setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara). Adapun Rapat dihadiri langsung oleh Ketua Danny Sugara, Anggota Bawaslu Koordinator Divisi HPPH Ihsan Jaya,  Anggota Bawaslu Koordinator Divisi PPPS Chandra Ardilla Putra, Kasubbag Pengawasan Dadang Surya Atmaja, Staf Pengawasan Ryan Apriandi, serta staf PPPS Syeila Rahmadani. Mereka memastikan bahwa angka-angka yang tercatat sesuai dengan hasil yang sebenarnya di lapangan dan menyeleksi setiap potensi kecurangan atau ketidaksesuaian.

Selain itu, Bawaslu juga memastikan bahwa semua pihak yang terlibat dalam proses ini bekerja dengan profesional dan tidak terlibat dalam praktik-praktik yang dapat merugikan keberlangsungan demokrasi. Transparansi dan akuntabilitas dianggap sebagai kunci utama untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap sistem pemilihan.

Rapat rekapitulasi ini juga menjadi ajang untuk mengidentifikasi dan menanggapi setiap aduan atau keluhan yang mungkin muncul selama proses pemilihan. Bawaslu Kabupaten Belitung Timur berkomitmen untuk menanggapi setiap pelanggaran atau potensi penyimpangan dengan tindakan yang tegas sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Setelah proses rekapitulasi selesai, Bawaslu Kabupaten Belitung Timur melanjutkan melakukan pengawasan pergeseran Logistik dari Auditorium Zahari MZ menuju Gudang Logistik KPU Kabupaten Belitung Timur. Hal ini dilakukan sebagai wujud integritas dan transparansi segala tahapan yang telah dilakukan.

Dengan demikian, partisipasi aktif Bawaslu Kabupaten Belitung Timur dalam rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten diharapkan dapat memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap sistem demokrasi dan menjaga agar proses pemilihan berlangsung secara adil dan bersih.

Penulis : Nano Nulyawan

Foto : Syeila Rahmadani, S.H.

Editor : Dadang Surya Atmaja, S.IP