Lompat ke isi utama

Berita

Cetak Generasi Z Jadi Pemilih Cerdas, Bawaslu Beltim Membeberkan Peran Siswa Dalam Pengawasan Partisipatif

MANGGAR, beltimkab.bawaslu.go.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (Bawaslu Beltim) bersama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Simpang Pesak mengunjungi SMA Negeri 1 Simpang Pesak pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada Pemilih Pemula, di SMA Negeri 1 Simpang Pesak, Selasa (19/09).

Kedatangan Bawaslu Beltim dan Panwaslu Kecamatan Simpang Pesak ini bertujuan mengajak generasi Z untuk menciptakan pemilihan umum (Pemilu) yang demokratis. Selain itu juga, mengajak Siswa dan Siswi menjadi agen perubahan untuk menyebarluaskan pesan pencegahan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu) sekaligus menjadi bagian pengawasan partisipatif Pemilu di lingkungan sekolah, khususnya kepada teman sebaya. Hal ini diungkapkan langsung oleh Anggota Bawaslu Beltim Ihsan Jaya.

“Tujuan pengawasan partisipatif yaitu menumbuhkan kesadaran partisipasi, menghasilkan Pemimpin yang lebih baik, dan meningkatkan kualitas Pemilu.” Ungkap Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Bawaslu Babel) Jafri saat menyampaikan materi berjudul Peran Siswa dalam Pemilu 2024.

Jafri menerangkan, alasan Pemilu perlu diawasi oleh generasi Z khususnya dan masyarakat pada umumnya ialah meminimalisasi pelanggaran, meningkatkan kredibilitas, dan legitimasi Pemilu.

“Ilmu yang telah didapatkan minimal digunakan untuk diri sendiri dan maksimalnya menyebar ke teman sebaya. Jadi, setelah sosialisasi ini nantinya ilmu yang telah didapatkan disebarkan dan diceritakan kepada keluarga, teman-teman, dan kepada banyak orang.” Harap Anggota Bawaslu Beltim Chandra Ardilla Putra dipenghujung acara.

  • Penulis: Syeila Rahmadani
  • Editor: Dony Setiawan
  • Foto: Nano Nulyawan
Tag
Artikel
Berita
Pemilu Tahun 2024
Pengawasan