Lompat ke isi utama

Berita

DANNY PIMPIN APEL SIAGA DAN DEKLARASI PEMILU DAMAI

Danny Pembina Apel Siaga Pemilu 2024

Apel Siaga dan Deklarasi Pemilu Damai Pemilu Tahun 2024

Belitung Timur, 9 Februari 2024 - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Belitung Timur menggelar Apel Siaga dan Deklarasi Pemilu Damai dalam rangka menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Acara ini diadakan di halaman kantor Bupati Belitung Timur pada hari Jum'at, 9 Februari 2024, sebagai upaya untuk memastikan kelancaran dan kedamaian dalam proses demokrasi.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dengan dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Bupati Belitung Timur, Wakil Bupati Belitung Timur, DPRD, berbagai pihak terkait, termasuk perwakilan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur, kepolisian, TNI, Kejaksaan Negeri serta unsur Forkopimda lainnya. Apel siaga juga dihadiri perwakilan partai politik, dan Seluruh Jajaran Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, dari Kapupaten hingga Pengawas Tempat Pemungutan Suara. Apel Siaga merupakan bentuk persiapan Bawaslu Belitung Timur dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi selama pelaksanaan Pemilu.

Apel siaga dimulai dengan penyiapan pasukan yang dihadiri oleh 363 PTPS se Kabupaten Belitung Timur, serta puluhan jajaran Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan dan Desa, dengan total peserta mencapai 600 peserta. dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Pengawas Pemilu, penekanan Sirine, dan Foto bersama.

Dalam sambutannya, Kepala Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Danny Sugara, menekankan pentingnya menjaga netralitas dan profesionalisme seluruh pihak yang terlibat dalam Pemilu. "Kami berharap seluruh elemen masyarakat, termasuk penyelenggara pemilu, dapat bekerja sama untuk memastikan Pemilu berjalan dengan baik, adil, dan damai," ujarnya.

Setelah Apel Siaga, dilanjutkan dengan Penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai, yang diikuti oleh peserta yang hadir. Deklarasi ini merupakan komitmen bersama untuk menjaga situasi aman dan damai selama proses kampanye hingga pemungutan suara. Para peserta menyatakan tekad untuk tidak terlibat dalam tindakan provokatif, kekerasan, atau pelanggaran hukum lainnya yang dapat merusak integritas Pemilu.


Kegiatan ini juga menjadi momentum untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kedamaian selama Pemilu. Bawaslu Belitung Timur mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Pemilu yang kondusif dan menjunjung tinggi semangat demokrasi. "Untuk saat ini, Kondisi Pesta Demokrasi dari mulai tahapan awal hingga tahapan Kampanye masih tergolong kondusif, semua partisipan dan masyarakat menikmati jalannya proses demokrasi", ujar Danny di sesi menjawab pertanyaan pers.

Acara Apel Siaga dan Deklarasi Pemilu Damai ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menjaga integritas dan keamanan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Belitung Timur. Bawaslu berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan secara ketat guna memastikan Pemilu berjalan dengan transparan, jujur, dan adil, serta mengajak masyarakat untuk terus perpartisipasi mengawasi pemilu.

Penulis dan Foto : Nano, Syeila
Editor : Ihsan Jaya, S.Sos.I