Lompat ke isi utama

Berita

Data Pemilih Bersifat Dinamis, Bawaslu Beltim Kawal Ketat DPSHP

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan dengan tema Pengawasan Penyusunan dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada Pemilu Tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung Timur, di Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Kamis (4/5).

MANGGAR, beltimkab.bawaslu.go.id – Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan atau yang dikenal dengan singkatan DPSHP merupakan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah diperbaiki berdasarkan masukan dan tanggapan masyarakat dan/atau peserta Pemilu. Penyusunan DPSHP ini dimulai pada tanggal 24 April sampai dengan 12 Mei 2023.

Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (Bawaslu Beltim) menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Tetap Berkelanjutan dengan tema Pengawasan Penyusunan dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada Pemilu Tahun 2024 tingkat Kabupaten Belitung Timur, di Kantor Bawaslu Kabupaten Belitung Timur, Kamis (4/5).

Rapat yang mengundang Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (KPU Beltim) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslu Kecamatan) se-Kabupaten Belitung Timur, bertujuan untuk perbaikan dalam penyelenggaraan Pemilu yang ideal seperti yang dicita-citakan. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Bawaslu Beltim Wahyu Epan Yudhistira.

“Terdapat Pemilih yang belum masuk dalam Daftar Pemilih, agar dapat dimasukkan dalam DPSHP. Selain itu, Pemilih yang memiliki KTP-el di luar Kabupaten Belitung Timur agar dipetakan sehingga terkawal hak pilihnya. Hal penting selanjutnya ialah KPU Kabupaten Belitung Timur mengantisipasi kerawanan-kerawanan sejak dini sebagai evaluasi kita bersama atas penyelenggaraan Pemilu sebelumnya.” Ujar Anggota Bawaslu Beltim Haris Alamsyah saat membuka rapat.

Menanggapi hal itu Ketua KPU Beltim Rizal menuturkan, pihaknya telah menginstruksikan kepada jajaran KPU Beltim untuk tidak pasif menunggu tanggapan dan masukan masyarakat melainkan harus proaktif dalam memutakhirkan Daftar Pemilih.

Sebelum rapat ditutup, Anggota Bawaslu Beltim Ihsan Jaya berharap agar saran yang telah disampaikan tidak dimaknai mencari kesalahan melainkan upaya bersama mewujudkan Daftar Pemilih yang akurat.

  • Penulis: Syeila Rahmadani
  • Editor: Dony Setiawan
  • Foto: Nano Nulyawan
Tag
Artikel
Berita
Pemilu Tahun 2024
Pengawasan
Syeila Rahmadani