Lompat ke isi utama

Berita

Tak Hanya Jadi Penonton, Bawaslu Beltim Tancap Gas Ajak Generasi Z Awasi Pemilu

MANGGAR, beltimkab.bawaslu.go.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Belitung Timur (Bawaslu Beltim) dan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Simpang Renggiang bertandang ke SMK Negeri 1 Simpang Renggiang pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif kepada Pemilih Pemula, di Gedung Pertemuan SMK Negeri 1 Simpang Renggiang, Rabu (13/09).

Kunjungan Bawaslu Beltim bertujuan mengajak Siswa dan Siswi menjadi agen perubahan untuk menyebarluaskan pesan pencegahan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu) sekaligus menjadi bagian pengawasan partisipatif Pemilu di lingkungan sekolah, khususnya kepada teman sebaya.

“Bawaslu bertugas mengawasi Pemilu. Beberapa pihak yang diawasi oleh Bawaslu diantaranya Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Politik hingga masyarakat, sehingga Bawaslu tidak dapat maksimal mengawasi Pemilu tanpa bantuan masyarakat termasuk Siswa dan Siswi peserta kegiatan.” Ungkap Anggota Bawaslu Beltim Ihsan Jaya.

Menambahkan pernyataan Ihsan, Ketua Bawaslu Beltim Danny Sugara menerangkan setiap Pemilih berhak untuk ikut serta mengawasi penyelenggaraan Pemilu dimulai dari memastikan hak pilihnya sendiri dan juga hak pilih keluarga.

“Pemilih Pemula menjadi sasaran strategis dikarenakan jumlah Pemilih Pemula dalam setiap Pemilu cukup besar.” Terang Anggota Bawaslu Beltim Chandra Ardilla Putra dipenghujung acara.

Pengawasan partisipatif yang digaung-gaungkan oleh Bawaslu Beltim ini diharapkan nantinya generasi Z dapat menggali dan mengetahui pandangan mereka mengenai demokrasi dan menjadi bekal mereka dimasa depan.

  • Penulis: Syeila Rahmadani
  • Editor: Dony Setiawan
  • Foto: Nano Nulyawan
Tag
Artikel
Berita
Pemilu Tahun 2024
Pengawasan
Politics
Syeila Rahmadani